Ingin Hamil Lagi Setelah Keguguran

Ingin Hamil Lagi Setelah KeguguranJika sebelumnya anda telah mengalami keguguran dan saat ini sedang hamil lagi, cari tahu bagaimana mengatasi  nikmat hamil tersebut setelah keguguran.

Sungguh sebuah kekhawatiran bagi seorang ibu. Anda yang sebelumnya keguguran dan saat ini sedang hamil kembali. Anda mungkin  khawatir akan melakukan sebuah kesalahan. Anda cemas semoga bayi dalam kandungan anda tidak seperti nasib saudaranya yang dulu. Anda takut setiap gerakakan yang  anda lakukan beresiko terhadap janin yang sedang anda kandung?.

Istirahat sejenak,  hilangkan rasa cemas yang membuat anda stress tersebut akan menjadi kunci untuk membuat janin anda tetap bertahan. Semakin tinggi tingkat stres yang anda alami, semakin tinggi tekanan darah anda, bisa mengakibatkan bayi anda mengalami stres yang jauh lebih berat. Rilekslah, tarik nafas dalam-dalam dan berusaha agar tetap tenang.

Fakta tentang keguguran

Kurang dari 5% dari perempuan di dunia pernah mengalami keguguran secara berturut-turut. Kurang dari 1% nya  keguguran tiga kali bahkan lebih. Keguguran merupakan hilangnya spontanitas pada janin sebelum memasuki minggu ke-20. Keguguran ini biasanya disebabkan karena janin/ calon bayi tidak berkembang secara normal.

Keguguran Berulang

Jika anda pernah mengalami keguguran beberapa kali dan ingin mencoba untuk hamil lagi. Mungkin anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter dan menjalankan beberapa tes guna mencari tahu apa penyebab terjadinya keguguran pada janin anda sebelum mencoba untuk hamil lagi. Biasanya tes yang yang dilakukan cukup sederhana seperti pengecekan darah atau USG.

Jika Keguguran…Mulailah Lagi Dengan Lebih Baik

Jika ini adalah keguguran pertama anda dan ingin mencoba hamil kembali, langkah yang perlu anda lakukan adalah mulai mempertkan kesehatan tubuh anda terutama organ reproduksi. Apakah ada memiliki A&C (dilatasi & kuratase) pada saat keguguran sebelumnya? Sudahkah anda mengkonsumsi vitamin prenatal lagi sebagai persiapan diri untuk konsepsi dan mengandung bayi? Apakah anda sehat secara fisik dan emosional? Jika anda masih berusahan mengatasi rasa sedih karena kehilangan anda yang lalu, tidaklah mengapa untuk menunggu beberapa waktu lagi hingga anda siap untuk hamil kembali. Anda tidak bisa memaksakan diri anda menjadi sesuatu yang anda sendiri secara emosional belum tentu siap.

Berusahalah Untuk Tetap Tenang

Namun demikian, jika masa itu tiba kembali, anda akan menyadari. Pikiran dan hati anda akan kembali terbuka untuk kehadiran sosok buah hati lagi. Begitu anda hamil, bukanlah ide yang baik untuk stres saat menghadapi suatu masalah tertentu. Penyebab keguguran yang paling sering terjadi dikarenakan kelainan pada janin anak, bukan karena kesalahan yang orang tua telah lakukan semata, kejadian tersebut diluar dari kendali siapapun.

Hindari Tekanan /  Stres

Membiarkan diri anda dalam keadaan stres atas bayi anda, pada gilirannya akan membuat bayi anda pun berada di bawah tekanan. Sehingga terjadi masalah yang lebih banyak antara anda dan bayi dalam kadungan anda.

Nikmati Kehamilan Anda Lagi.

Cobalah untuk membiarkan diri anda menikmati kenyataan bahwa anda sedang hamil lagi. Perhatikan tanda-tanda kehamilan normal, seperti nyeri pada payudara, kelelahan, mual, perut kembung yang ditandai bahwa itu adalah “tendangan pertama”. Setelah anda melaui timester kedua, mungkin zona ini akan menjadi zona aman bagi anda sebab sangat jarang keguguran terjadi pada timester kedua atau ketiga tersebut.

7 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *